Inilah Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Secara Alami Dan Cepat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Cepat - Kulit yang sehat, bersih dan bebas dari jerawat merupakan idaman bagi setiap wanita. Kulit yang sehat akan tampak bersih dan cantik tanpa harus memakai obat jerawat. Jerawat memang musuh alami bagi wajah, tidak jarang para wanita dibuat resah olehnya, dan bukan hanya wanita saja, para priapun sering resah jika jerawat banyak bermuculan di wajahnya.

Gambar Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Secara Alami Dan Cepat
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Jerawat yang tidak meninggalkan bekas mungkin tidak begitu membuat kita resah, namun bagaimana jika jerawat tersebut meninggalkan bekas dan sulit untuk dihilangkan. Hal ini tentu akan membuat kita semakin resah, tidak nyaman dan percaya diri. Maka dari itu, pada kesempatan ini, kami akan berbagi cara alami menghilangkan bekas jerawat.

Sebelum kami membagikan tips menghilangkan jerawat secara alami dan cepat, terlebih dahulu kita mengenal sedikit tentang jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga timbul kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang memiliki jumlah penderita yang cukup besar. (id.wikipedia.org)

Jenis-Jenis Jerawat

A. Komedo

Komedo pada dasarnya adalah pori-pori yang tersumbat, baik terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead) akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan komedo yang tertutup (whitehead) seperti kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga akan terlihat seperti tonjolan putih kecil. Sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlebih pada kulit adalah penyebab munculnya jerawat berjenis "komedo" ini. Silahkan baca Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung Secara Alami.

B. Jerawat Biasa

Ciri khas jerawat ini adalah berbentuk tonjolan kecil bewarna pink atau kemerahan, sehingga akan lebih mudah dikenal. Jerawat ini muncul karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri yang berjenis propionibacterium acne. Biasanya bakteri ini hidup pada saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat. Bakteri ini mampu memproduksi asam propionik (propionic acid) sehingga dinamakan propionibacterium. Bakteri ini bisa tumbuh tanpa memerlukan oksigen karena bakteri ini berjenis anaerobik yang mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang timbul iritasi pada area sekitarnya.

C. Jerawat Batu

Jerawat Batu (cystic acne) memiliki ciri khas besar-besar, peradangan yang hebat dan berkumpul diseluruh muka. Orang yang menderita jerawat batu biasanya memiliki keluarga dekat yang juga menderita jerawat berjenis batu ini. Secara genetik penderitanya memiliki kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori, pertumbuhan sel-sel kulit mati yang tidak normal yang lamban dalam beregenerasi dibandingkan dengan kulit normal serta memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan hingga meninggalkan bekas pada kulit. (id.wikipedia.org)

Faktor Penyebab Jerawat

A. Faktor Makanan

Makanan memang sangat mempengaruhi keadaan tubuh seseorang, tidak hanya jerawat, bahkan berbagai penyakit akan bermunculan apabila kita tidak menjaga pola makan. Begitu juga dengan jerawat yang muncul karena faktor makanan. Berikut makanan-makanan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat:

- Es Krim
- Mie Instan
- Santan Kental
- Junkfood
- Makanan yang Mengandung MSG
- Makanan Berlemak
- Gorengan
- Sambal Goreng/Balado
- Seafood (Udang, Kerang, Cumi, Kepiting) kecuali Ikan
- Kacang Mete
- Kue-kue Manis
- Kacang Tanah
- Makanan Berkarbohidrat Tinggi
- Permen Coklat
- Nasi Goreng
- Mie Bakso
- Susu Full Cream
- Mie Ayam

B. Faktor Hormonal

Seorang wanita akan mengalami masalah jerawat diwajahnya ketika menjelang datang bulan. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon progesteron sehingga menyebabkan kulit menghasilkan minyak berlebih. Hal inilah yang memicu munculnya jerawat karena adanya penumpukan lemak pada jaringan kulit yang menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar atau tersumbat. Begitu pula remaja yang sedang jatuh cinta akan lebih mudah tumbuh jerawat di wajahnya karena faktor meningkatnya hormon ditubuhnya.

C. Faktor Bakteri

Kurang menjaga kebersihan membuat bakteri akan bertambah banyak dengan cara berkembang biak pada kulit, yang biasa disebut p. acne. Dalam kelenjar yang bernama sebaseous yang tersumbat inilah bakteri ini berkembang biak sehingga menimbulkan iritasi di dalam kulit. Di dalam kelenjar akan terus terjadi pembekakan dan besar kemungkinan akan pecah. Hal inilah yang menjadi faktor radang kulit yang menyebar di sekitarnya. Hasilnya maka akan timbul bekas luka yang dikarenakan jerawat membandel seperti jerawat batu. Biasanya jerawat batu lebih sukar untuk diobati dibandingkan dengan jerawat biasa. Jerawat biasa lebih mudah diatasi secara medis maupun secara alamiah.

D. Faktor Kosmetik

Tersumbatnya pori-pori sering terjadi dikarenakan penggunaan kosmetik yang mengandung kadar minyak berlebih atau menggunakan bedak yang menyatu dengan foundation. Bubuk bedak yang menyatu dengan foundation akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Pemilihan kosmetik/make up yang tepat adalah kunci dalam menjaga kesehatan kulit.

E. Faktor Keturunan

Faktor genetis atau faktor keturunan akan sangat mempengaruhi munculnya jerawat di wajah. Orang tua yang masa mudanya juga berjerawat, kemungkinan besar anaknya juga akan mudah berjerawat.

F. Faktor Stress

Stres juga sangat mempengaruhi munculnya jerawat. Dan bukan hanya jerawat, stress/depresi juga akan menyebabkan terganggunya kesehatan dan metabolisme. Stress juga dapat memicu penyakit Mag dan lainnya. Menjauhi strees juga akan sangat membantu dalam mencegah timbulnya jerawat atau penyakit lainnya.

G. Faktor Jenis Kulit

Kabar baiknya adalah orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih awet muda. Kabar buruknya adalah akan mudah terserang jerawat dibanding orang yang memiliki jenis kulit kering. Hal ini dikarenakan minyak berlebih tersebut akan menyumbat aliran darah jaringan kulit. Bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak atau sebaceus gland, umumnya jerawat yang muncul karena disebabkan oleh penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Namun bagi yang memiliki kulit kering juga tidak menutup kemungkinan akan terserang jerawat.

H. Faktor Infeksi

Munculnya komedo di wajah dikarenakan adanya kotoran yang menyumbat pori-pori. Hal ini membuat orang yang terkena komedo tergerak untuk memencet-mencetnya dengan tujuan ingin mengeluarkan komedo sehingga terjadinya infeksi yang berujung kepada tumbuhnya jerawat. Hindari hal ini akan membantu mencegah timbulnya jerawat.

I. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita. Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta akan lebih rentan terserang jerawat karena polusi udara disana lebih besar yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor. Permukaan kulit yang terkena kotoran ataupun polusi akan menimbulkan masalah pada kulit.

J. Faktor Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat kortikosteroit, baik diminum, oral maupun topical (oles) akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Dengan daya tubuh menurun maka akan menyebabkan aktivitas bakteri patogen meningkat sehingga akan menimbulkan masalah jerawat.

Ternyata banyak sekali faktor penyebab timbulnya masalah jerawat. Lalu bagaimana cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami atau tradisional? simak penjelasan berikut ini.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Kelebihan mengobati bekas jerawat secara alami adalah aman pada kulit dan murah pastinya. Sebenarnya tidak ada metode yang instan dalam menghilangkan jerawat ataupun bopeng/flek hitam bekas jerawat. Apalagi jika Anda terserang jenis jerawat batu, maka akan lebih sukar untuk dihilangkan. Namun dengan kesabaran dan telaten akan mampu menghilangkan noda bekas jerawat secara alami pada wajah Anda.

Sebelum kami menguraikan tentang cara menghilangkan bekas jerawat, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu, bahwa tips yang akan kami sajikan berikut ini merupakan tips menghilangkan bekas jerawat secara alami atau tradisional saja. Bahan-bahan alami/tradisional ini akan lebih mudah untuk kita dapatkan di sekitar kita sehingga akan lebih mempercepat memulai proses terapinya. Selain itu dengan menggunakan bahan-bahan alami atau tradisional akan membuat kulit kita terhindar dari efek samping. Karena biasanya dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia akan mendatangkan efek samping dikemudian hari. Bukan membuat kita sembuh, namun bisa-bisa malah memperparah. Banyak obat menghilangkan bekas jerawat yang beredar dipasaran. Untuk itu selalu waspada dalam menggunakan obat-obatan kimia tersebut, selalu perhatikan komposisinya apakah akan membuat alergi kulit atau tidak. Bisa juga dicoba terlebih dahulu pada bagian kulit selain wajah, jika tidak terasa gatal-gatal atau meradang, barulah boleh di oleskan pada wajah.

Dalam menghilangkan bekas jerawat di wajah yang membandel (jerawat batu) akan menyita waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan jerawat berjenis biasa. maka dari itu Anda harus tetap konsisten menjalani terapi secara alami atau tradisional ini.

10 Tips Cara Menghilangkan Jerawat atau Bekas Jerawat Secara Alami atau Tradisional:

1. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu penyedap makanan terutama chinese food. Zat anti pembekuan darah yang terkandung di dalam bawang putih, mampu menjadi obat pencegah penggumpalan atau pembekuan darah bagi penderita hipertensi dan pengidap kolesterol tinggi. Selain itu Zat yang terkandung di dalam bawang putih juga terkenal sebagai bahan anti bakteri (membunuhnya). Terapi ini tentu akan menjadi alternatif menghilangkan jerawat secara alami jika jerawat yang timbul dikarenakan bakteri. Lalu bagaimana cara mengobati jerawat secara alami dengan bawang putih? Caranya cukup mudah, siapkan satu siung bawang putih, kupas kulitnya kemudian lumatkan. Silahkan dioleskan pada kulit yang berjerawat, diamkan selama 20 menit kemudian cuci dengan air bersih.

2. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dipercaya banyak mengandung khasiat dalam mengurangi minyak berlebih pada kulit serta dapat membersihkan sel-sel kulit mati. Hal inilah yang membuat jeruk nipi banyak digunakan untuk pengobatan dan kecantikan secara tradisional di negara kita ini.

3. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Parutan Jagung

Parutan jagung mengandung vitamin A yang selain untuk kesehatan mata dapat berfungsi juga untuk mencegah penuaan dini serta elastisitas kulit. Bahan alami atau tradisional ini juga mengandung vitamin C yang berguna dalam mencegah terjadinya keriput di kulit serta dapat membangun jaringan ikat kulit. Cara menggunakannya adalah: Pertama bersihkan kulit wajah anda dengan air, kemudian dilap dengan handuk. Ambil sebuah jagung yang masih muda dan segar, kemudian di parut hingga halus, lalu jadikan masker di wajah Anda. Diamkan selama 10-20 menit. Lalu bersihkan kulit wajah anda menggunakan air yang bersih. Lakukan terapi alami ini 2-3 kali dalam seminggu secara teratur sampai noda bekas jerawat menghilang.

4. Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Tomat

Bahan alami atau tradisional berikutnya adalah Tomat. Tomat secara alamiah mampu menghilang beserta bekasnya karena banyak mengandung vitamin C dan Vitamin A. Cara menggunakannya yaitu: Potong-potong satu buah tomat yang sudah matang menjadi beberapa bagian. Letakkan bagian yang telah dipotong-potong tersebut di atas kulit wajah. Biarkan potongan tomat tersebut di atas kulit wajah selama 20-30 menit. Kemudian silahkan bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Praktekkan secara teratur 2-3 kali seminggu.

5. Cara Mengobati Jerawat dengan Minyak Zaitun

Berbeda dengan minyak lainnya, Minyak Zaitun justru sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit tubuh. Khasiat minyak zaitun untuk kulit wajah ialah dengan mempertahankan dan melembutkan kulit wajah. Selain itu minyak zaitun juga berkhasiat untuk kesehatan rambut. Minyak zaitun banyak dijumpai di Timur Tengah. Namun sekarang Anda bisa mendapatkannya di Mall, apotek atau toko dalam bentuk minyak. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun yaitu: Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke kulit wajah Anda saat menjelang tidur malam hari. Kemudian silahkan dipijit-pijit dengan lembut dan menyeluruh selama 5 menit. Kemudian silahkan bersihkan kulit wajah Anda menggunakan air hangat. Praktekkan terapi ini secara teratur 2 atau 3 kali dalam seminggu sampai noda bekas jerawat menghilang.

6. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

Lidah buaya mudah bisa kita temukan disekitar kita. Zat aktifnya dipercaya mampu membersihkan kulit dan mampu menghilangkan noda bekas jerawat secara tradisional. Sejak zaman romawi kuno, lidah buaya sudah banyak digunakan untuk mengobati luka di tubuh. Cara penggunanaanya yaitu: Bersihkan terlebih dahulu permukaan kulit wajah Anda dengan air kemudian dilap dengan handuk. Petik satu buah daun lidah buaya yang masih segar. Silahkan dibelah dengan pisau untuk mengambil Gelnya. Kemudian usapkan gel lidah buaya tersebut ke kulit wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Praktekkan terapi ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu secara teratur (konsisten).

7. Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Madu

Madu sejak lama sudah banyak digunakan untuk terapi kesehatan dan kecantikan. Bahkan khasiat madu ini termaktub dalam kitab suci Al-Qur'an. Madu dikenal sebagai zat penyembuh alami yang terdiri dari enzim, nnti bakteri dan antioksidan yang tinggi. Madu juga bermanfaat dalam menghilangkan bekas jerawat, mengencangkan, mempercantik serta menghaluskan kulit. Khasiat madu untuk wajah dan jerawat adalah untuk menghilangkan noda bekas jerawat serta dapat mengurangi bahkan menghilangkan iritasi kulit. Cara menggunakannya yaitu: Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda. Kemudian oleskan 1-2 sendok madu asli atau murni pada bagian wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu silahkan cuci dengan air bersih. Praktekkan selama 2-3 minggu berturut-turut dan lihat hasilnya.

8. Cara Mengobati Noda Bekas Jerawat Secara Alami dengan Putih Telur

Putih telur dalam dunia kecantikan dikenal sebagai pengencang kulit terutama kulit bagian wajah. Bahan alami ini juga bermanfaat dalam menghilangkan bekas jerawat dengan cara dijadikan masker putih telur. Manfaat masker putih telur tidak bisa diragukan lagi dalam merawat permukaan kulit. Cara penggunaannya adalah: Bersihkan permukaan kulit wajah Anda dengan air kemudian dilap dengan handuk. Ambillah satu butir telur, pecahkan dan pisahkan antara putih teleur dengan kuning telur. Ambil putih telur dan jadikan masker di wajah. Diamkan selama 10-15 menit. Lalu bersihkan wajah Anda dengan menggunakan air dingin. Praktekkan terapi ini secara teratur dan konsisten 2 atau 3 kali dalam seminggu.

9. Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Ampas Teh Hitam

Ampas teh hitam mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga mampu menghilangkan noda bekas jerawat dan juga mampu menjadi salah satu cara mencegah jerawat. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut: Bersihkan terlebih dahulu permukaan kulit Anda. Kemudian oleskan bahan tradisional tersebut secara perlahan pada wajah Anda. Diamkan selama 15 menit. Kemudian silahkan bersihkan wajah Anda menggunakan air bersih. Praktekkan terapi ini 2 atau 3 kali dalam seminggu secara teratur sampai noda bekas jerawat menghilang.

10. Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Bekam Wajah atau Bekam Estetika

Mengatasi jerawat dengan bekam atau hijamah terkenal sangat ampuh. Mengeluarkan darah kotor serta racun yang berada di dalam tubuh merupakan inti dari bekam ini. Bekam mampu membuang racun dengan cepat langsung saat itu juga. Hal ini sedikit berbeda dengan penggunaan obat-obatan yang memerlukan waktu lebih agar bisa bereaksi di tubuh.

Melalui bekam, darah kotor yang menjadi penyebab jerawat akan disedot dari tubuh melalui titik-titik tertentu, sehingga pembuangan darah kotor akan maksimal. Terapi alami ajaran Islam ini telah banyak dibuktikan, bahkan Nabi Muhammad dan para sahabat melakukan terapi bekam untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit mereka.

Dengan melakukan terapi alami diatas semoga jerawat dan flek hitam noda bekas jerawat bisa minggat dari wajah kita. Saran saya, jangan lakukan terapi di atas dalam waktu yang bersamaan. Silahkan pilih salah satu yang menurut paling mudah dan terjangkau bagi Anda.

Diatas telah kami uraikan secara panjang lebar mengenai tips atau cara menghilangkan jerawat atau bekas jerawat secara alami. Namun bagi yang belum terserang jerawat, bagaimana cara mencegah jerawat? Untuk itu kami juga akan menguraikan beberapa cara mencegah timbulnya jerawat, berikut tips mencegah jerawat.

Cara Menghindari Jerawat Secara Alami:

Selain menggunakan bahan-bahan alami dalam menghilangkan jerawat atau bekas jerawat, pola hidup sehat juga menjadi penting dalam mencegah timbulnya jerawat. pola hidup sehat yang sebaiknya Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi air secukupnya
2. Menghindari Stres dan selalu rileks/santai
3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan supaya buang air besar menjadi lebih lancar
4. Cucilah muka menggunakan air bersih (air mineral)
5. Cucilah secara rutin handuk, bantal dan helm.
6. Jangan memencet jerawat secara paksa kecuali dengan alat yang tepat
7. Cucilah muka 2 kali sehari dengan sabun khusus agar dapat mengurangi minyak berlebih.
8. Hindari makanan yang mengandung gula dan yodium, kopi dan juga minuman yang berkarbohinasi
9. Olahraga secara teratur secukupnya, jangan berlebihan
10. Rawatlah wajah Anda secara rutin 2 minggu sekali. Gunakan produk yang sudah terdaftar pada BPOM. Keliru dalam memilih produk perawatan wajah akan memperparah masalah
11. Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal, seperti madu dan jintan hitam yang sangat baik untuk dikonsumsi
12. Usahakan bersihkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Karena ada banyak bakteri yang menempel di tangan Anda akibat aktifitas sehari-hari.

Demikian tips atau cara menghilangkan bekas jerawat membandel secara alami dan cepat. Semoga informasi yang telah kami uraikan di atas bisa membantu Anda sekalian dalam melawan jerawat atau bekas jerawat. Dan untuk yang belum terserang jerawat, segera terapkan pola hidup sehat yang juga telah kami uraikan di atas agar bisa mencegah timbulnya jerawat pada permukaan kulit Anda.

Jika informasi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami ini dirasa bermanfaat, mohon bantuannya untuk di 'Like' dan di 'Share' kepada teman atau kerabat Anda yang lain. Sehingga Tips yang telah kami sajikan ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua. Silahkan tunggu informasi-informasi lainnya dari kami, hanya di www.caraika.com. Salam sehat dari kami. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel Secara Alami Dan Cepat"

Posting Komentar