9 Jenis Makanan Bergizi Yang Harus Kamu Tahu

9 Jenis Makanan Bergizi Yang Harus Kamu Tahu ~ Selamat malam Sahabat Cara ika dimanapun Anda berada. Malam ini saya akan berbagi sebuah infomasi tentang jenis-jenis makanan bergizi. Ada banyak makanan-makanan bergizi yang mudah anda temukan di alam ini. Selain memberikan energi bagi tubuh, ternyata makanan yang kita konsumsi setiap hari juga sangat berperan penting dalam mencegah berbagai macam penyakit.

Gambar 9 Jenis Makanan Bergizi Yang Harus Kamu Tahu


Sehat tidaknya makanan yang kita konsumsi setiap harinya, sangatlah tergantung pada diri kita masing-masing. Membikin perubahan, terutama pada apa yang Kamu makan, adalah salah satu tutorial termudah dalam mengontrol kesehatan. Dan inilah 9 jenis makanan bergizi di dunia yang harus Kamu masukkan dalam menu makananmu sehari-hari, seperti yang dilansir oleh HealthKompas.

1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan pelawan kanker, berkah keberadaan senyawa sulfur, semacam sulforaphane. Mengonsumsi lebih tidak sedikit brokoli bisa terbuktikas risiko seseorang dari kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar. Sulforaphane juga sudah terbukti akan khasiatnya dalam membunuh bakteri penyebab bisul. Brokoli juga adalah sumber paling baik kalsium dan potasium jadi baik untuk tulang dan mengatur tekanan darah Anda. Vitamin C dan beta-karoten juga bisa melindungi Kamu dari mata katarak dan mampu menjaga sel-sel otak dari serangan radikal bebas.

2. Bayam

Makanan bergizi selanjutnya adalah Bayam. Tidak hanya berkegunaaan dalam melindungi mata Kamu dari degenerasi makula (penurunan ketajaman pengelihatan), kandungan karotenoid pada bayam juga bisa menolong mempertahankan kepadatan tulang dan juga dapat mencegah risiko terjadinya patah tulang. Dan segala macam sayuran berwarna hijau adalah sumber yang kaya kalium dan magnesium dan folat, di mana semuanya berkegunaaan dalam menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Folat juga berkontribusi dalam terbuktikas risiko kanker paru-paru bagi mantan perokok.


3. Kacang

Kacang sebetulnya baik untuk jantung Kamu sebab kacang sanggup menyerap kolesterol jadi tubuh bisa membuangnya sebelum menempel pada dinding arteri. Studi menemukan bahwa diet tinggi serat larut bisa mengurangi kolesterol total sebesar 10-15 persen. Sebuah studi terbaru bahkan menunjukkan, makanan yang berasal dari biji-bijian tergolong dalam kelompok teratas dengan kategori tingkat antioksidan paling atas.

4. Alpukat

Makanan bergizi selanjutnya adalah alpukat. Jangan salah mendefinsikan lemak yang terkandung pada buah alpukat. Lemak alpukat tergolong dalam kelompok lemak tidak jenuh tunggal jadi tidak bakal membikin perut Kamu gendut. Buah alpukat justru bisa menurunkan kolesterol. Peneliti menemukan bahwa dengan mengganti hanya 5 persen dari kalori yang berasal dari lemak jenuh (mentega alias keju) dengan lemak tidak jenuh tunggal (alpukat) bisa terbukti mencegah risiko serangan jantung. Kegunaaan tambahan lainnya, alpukat juga tinggi kandungan beta-sitosterol, sterol tanaman yang menghambat penyerapan kolesterol dari makanan, dan bertindak sebagai senyawa antikanker (glutatin) dan antioksidan kuat.

5. Yogurt

Yogurt adalah sumber makanan yang memiliki peran penting berkaitan dengan pertumbuhan tulang. Bakal namun, kekuatan yang sebetulnya terletak pada bakteri baik, yang dikenal sebagai probiotik, yang semakin menekan pertumbuhan bakteri memenyesalkan di dalam usus Anda. Terlalu tidak sedikit bakteri “kurang baik” bisa menyebabkan persoalan kesehatan gastrointestinal dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi yogurt bisa membantu dalam menanggulangi penyakit inflamasi (peradangan) usus, infeksi saluran kemih, maag dan infeksi jamur pada vagina.

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung sejumlah besar flavonoid, tipe antioksidan. Bahkan, kandungan flavonoid pada cokelat gelap lebih tidak sedikit daripada makanan lainnya. Studi menemukan bahwa antioksidan bisa menambah tekanan darah, memperlambat oksidasi kolesterol LDL, mencegah pengumpalan darah,  dan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan makan 45 gram (1,5 ons) perhari bisa mengurangi risiko serangan jantung sebesar 10 persen. Makan cokelat hitam gelap juga bisa menurunkan resistensi insulin, persoalan mutlak di balik diabetes.

7. Blueberries

Dan makanan bergizi berikutnya adalah Blueberries. Blueberries mengandung senyawa antioksidan yang disebut flavonoid alias lebih dikenal anthocyanin berkegunaaan menangkal penyakit kanker, jantung dan kebutaan terkait usia atau kehilangan memori. Semacam halnya sepupu mereka cranberry, blueberry terbukti bisa mencegah infeksi saluran kemih, berkah epicatechins antioksidan, yang menjaga bakteri tidak menempel di dinding kandung kemih. Dan bahkan serat dalam blueberry ampuh dalam menangkal sembelit.


7. Benih Lenan (flaxseed)

Biji lenan bekerja layaknya semacam hormon estrogen dalam tubuh, menghalangi reseptor estrogen pada sel dan memberbagi kontribusi terkait dengan penurunan tingkat hormon tertentu yang ada hubungannya dengan kanker, semacam kanker payudara. Flaxseed juga adalah sumber fantastis alpha-linolenic acid (ALA), sebuahasam lemak esensial yang dipakai tubuh untuk membikin asam lemak omega-3. ALA berkegunaaan mengencerkan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

8. Ikan Salmon

Makan setidaknya dua porsi ikan salmon seminggu bisa mengurangi risiko kematian dampak penyakit jantung sebesar 17 persen dan risiko Kamu terkena serangan jantung sampai 27 persen. Sebuah studi di Swedia yang diikuti lebih dari 6.000 pria selagi 30 tahun menemukan bahwa mereka yang memakan lemak ikan dalam jumlah yang moderat menurunkan risiko kanker prostat atau semacamnya.

9. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai antibakteri, antijamur, dan sifat sebagai antivirus, dan bahkan juga berpotensi untuk mengusir berbagai bakteri yang resisten antibiotik. Walau hanya menurunkan sedikit kolesterol, bawang putih juga dapat bertindak sebagai pengencer darah, mengurangi pembekuan darah serta resiko serangan jantung dan stroke. Mengambil setidaknya enam siung alias lebih bawang putih dalam seminggu bisa terbukti mengurangi resiko kanker kolorektal, kanker prostat, lambung ketimbang harus makan satu buah cengkeh setiap minggunya.

Demikianlah 9 jenis makanan bergizi yang dapat Kamu konsumsi setiap hari sebagai menu utama, demi menjaga kesehatan tubuh Kamu dan keluarga Kamu. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi Kamu para pembaca semuanya. Dan jangan lupa share juga kepada teman-tteman kita yang lain melalui tombol share di bawah. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Jenis Makanan Bergizi Yang Harus Kamu Tahu"

Posting Komentar