Penyakit Pada Testis

Penyakit pada Testis ~ Beberapa waktu yang lalu, saya telah membahas tentang penyebab, gejala dan pengobatan sinusitis. Bagi yang belum tahu apa itu sinusitis, bisa langsung menuju postingan tersebut. Untuk kali ini saya akan share tentang penyakit pada testis atau infeksi testis yang disebut dengan penyakit Orkitis.

Gambar untuk Penyakit Pada Testis


Pengertian Orkitis

Apa itu Orkitis? Orkitis adalah terjadinya peradangan pada testis (buah zakar) di salah satu atau keduanya. Penyakit ini disebabkan Virus dan bakteri yang terjadi pada Organ Testis pria. Virus yang menyerang pada organ reproduksi pria ini di sebut virus mumps atau dikenal juga dengan nama virus gondongan. Dan sekitar 20-25% pria yang pernah mengalami gondongan di perkirakan akan terserang penyakit Orkitis. Bagi penderita bruselosis juga sama terkena resiko Orkitis. Beberapa orang mengaitkan penyakit orkitis ini dengan penyakit infeksi prostat atau epididimis dan dapat memicu terkena penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore.

Penyebab Orkitis

Penyebab penyakit orkitis salah satunya karena virus gondongan (mumps). Dan 15 sampai 25 persen pria saat remaja yang menderita gondongan akan beresiko terkena orkitis dan 2 sampai 20 persen penderita bruselosis terkena orkitis. Orkitis pun sering dikaitkan dengan penyakit infeksi prostat dan penyakit seksual menular contohnya gonore atau klamidia. Dan faktor resiko untuk penyakit orkitis yang tidak ada kaitanya dengan penyakit menular adalah :

*. Imunisasi gondongan yang tidak adekuat.
*. Lanjut Usia ( 45 tahun ke atas)
*. Sering infeksi berulang pada saluran Kemih.
*. Kelainan pada saluran kemih.

Dan faktor terkena orkitis yang berkaitan dengan penyakit menular adalah:
*. Sering begonta-ganti pasangan.
*. Riwayat penyakit menular pada pasangan.
*. Riwayat penyakit seksual menular seperti gonore .

Gejala Orkitis

*. Testis terasa berat dan membengkak.
*. Pembengkatan skrotum.
*. Demam.
*. Penis Keluar nanah.
*. Selakangan membengkak.
*. Sering Nyeri di bagian testis dan selakangan.
*. Nyeri ketika berhubungan badan atau saat enjakulasi.
*. Nyeri pada saat BAB dan mengedan.
*. Cairan semen mengandung darah.

Diagnosa Orkitis

Diagnosa penyakit ini berdasarkan gejala yang timbul dan hasil pemeriksaan. Gejala umumnya membengkaknya kelenjar getah bening pada selakangan dan pembengkakan pada testis yang terkena orkitis.

Pemeriksaan meliputi :
*. Pemeriksaan air kemih.
*. Pembiakan air putih.
*. Pemeriksaan darah.
*. Pemeriksaan kimia darah.
*. Tes penyakit seksual menular seperti gonore atau klamidia.

Cara Mengobati Orkitis

Segeralah konsultasi pada dokter anda dan minumlah obat yang sudah di resepkan dokter.

Cara Mencegah Orkitis

Pencegahan penyakit ini bisa di mulai dengan imunisasi gondongan yan dapat mencegah orkitis yang di sebabkan gondongan. Dan tidak melakukan perilaku seksual di luar pernikahan (gonta-ganti pasangan).

Demikianlah informasi penyakit pada testis yang bisa kami share pada kesempatan ini. Dengan iniformasi ini mudah-mudahan Anda bisa mencegah tertularkan penyakit orkitis tersebut. Jika dibutuhkan, silahkan baca juga penyebab dan gejala asma. Jika postingan ini berguna untuk sobat, silahkan like dan share kepada teman-teman sobat yang lainnya, barangkali akan bermnfaat juga bagi mereka. Terima kasih dan salam sehat dari www.caraika.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Pada Testis"

Posting Komentar