5 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat - Mengurangi kolesterol bisa saja dilakukan dengan cara alami maupun menggunakan obat kolesterol/obat penurun kolesterol. Untuk itu pada kesempatan ini kami akan berbagi cara menurunkan kolesterol dengan cepat baik itu dengan cara alami maupun dengan obat.

Gambar 5 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi. Pembahasan kali ini adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kolesterol dengan cara yang aman dan efektif.

Kolesterol merupakan zat lembut, zat lilin (lemak) yang hadir dalam sel-sel tubuh. Dan hal ini diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk menghasilkan hormon-hormon tertentu, asam empedu, vitamin D, dan membangun dinding sel. Kolesterol mempunyai dua jenis, yaitu LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Kelebihan kolesterol bisa terakumulasi dalam arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini akan mengurangi pasokan oksigen ke jantung dan dapatmenyebabkan resiko bebahaya seperti serangan jantung dan stroke.

Tips Cara Menurunkan Kolesterol:

1. Pola Makan

Kebiasaan makan yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab utama meningkatkan kolesterol LDL(kolesterol jahat) dalam darah. Hal ini dapat dikaitkan dengan konsumsi lemak berlebihan, lemak jenuh terutama. Oleh karena itu di sarankan, mengurangi asupan lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak sehat seperti mono lemak tak jenuh dan tak jenuh ganda. Sumber lemak jenuh termasuk susu, keju, mentega, margarin, telur, junk food dan daging merah seperti daging sapi dan babi. Makanan kaya lemak tak jenuh termasuk ikan, almond, kacang tanah, walnut, hazelnut, minyak zaitun dan minyak canola.Mengikuti diet kaya serat juga akan meghasilkan manfaat karena mengandung serat larut yang tinggi yang membuat usus besar sehat dan bisa mengurangi LDL dalam darah.

2. Olahraga Teratur

Olahraga teratur secara signifikan mengurangi LDL dan membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah. Hal ini juga membantu menurunkan kemungkinan penyakit arteri koroner. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari latihan moderat, seperti jogging, jalan cepat, berenang, bersepeda, berkebun, dan menari.

3. Berhenti Merokok

Merokok dianggap sebagai salah satu alasan utama untuk gangguan seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dan tembakau dapat menurunkan kadar HDL(kolesterol baik), mempersempit arteri dan meningkatkan risiko pembekuan darah dan penyakit jantung. Oleh karena itu, jika Anda seorang perokok berat, berhentilan dari sekarang.

4. Hindari Minum-Minuman Beralkohol

Jika anda mengkonsumsi minuman beralkohol secara rutin atau dalam jumlah yang berlebihan, Anda bisa berada pada risiko tinggi komplikasi kesehatan, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjauh dari alkohol. Jika Anda tidak dapat menjauhkan diri sepenuhnya, setidaknya membatasi jumlah dan frekuensi konsumsi.

5. Obat

Ada beberapa obat yang efektif yang tersedia untuk mengobati gangguan ini. Generic Zocor (simvastatin) adalah di antara obat yang paling sering diresepkan untuk menurunkan kadar LDL(kolesterol jahat) dalam darah. Zocor dapat menurunkan kolesterol tinggi dan mengurangi risiko stroke. Hal ini juga dianggap sebagai obat jantung karena menurunkan risiko serangan jantung pada orang dengan diabetes dan penyakit jantung koroner. Biasanya, pengobatan dimulai dengan Simvastatin 20 mg setiap hari, tetapi orang-orang yang berada pada risiko tinggi penyakit jantung dimulai pada dosis 40 mg sehari. Namun, obat ini dapat menyebabkan nyeri otot yang parah dan tidak boleh digunakan bersamaan dengan tablet tekanan darah dan obat-obatan tertentu lainnya. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat-obatan, bacalah petunjuk penggunaannya, dan efek samping yang bisa ditimbulkan serta harus dengan resep dokter. Meskipun kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi parah, tentu dapat dikontrol dengan obat yang tepat, Diet yang tepat dan perubahan gaya hidup yang sehat.


Demikianlah Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini. Semoga bisa menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai masalah dengan Kolesterol. Jika informasi 5 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk di 'Like' dan di 'Share' kepada teman atau kerabat Anda yang lain. Sehingga tips yang telah kami sajikan ini bisa menjadi referensi juga bagi teman-teman kita yang lain. Silahkan tunggu informasi-informasi berikutnya dari kami, hanya di www.caraika.com. Selamat mencoba. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat"

Posting Komentar