Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan Sinusitis

Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan Sinusitis - Pada postingan yang telah lalu, kami telah membahas tentang makanan yang rendah kolesterol, sedangkan pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang penyebab, gejala dan pengobatan Sinusitis.

Gambar Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan Sinusitis

Apa itu Sinus?

Sinus adalah rongga udara yang berada di bagian padat dari tulang tenggkorak di sekitar wajah, yang mempunyai fungsi untuk memperingan tulang tenggkorak. Rongga ini terdiri dari 4 pasang, kiri dan kanan. Sinus frontalis berada di sekitar dahi, dan sinus maksilaris berada di belakang pipi. Sementara itu, sinus sphenoiddansinusethmoid berada di lebih dalam di belakang rongga mata dan di belakang sinus maksilaris. Dinding sinus terbentuk oleh sel sel penghasil cairan mukus. Udara yang masuk ke dalam sinus melalui (ostia) sebuah lubang kecil yang menghubungkan antara rongga sinus dengan rongga hidung. Jika lubang ini buntu maka udara tidak akan bisa keluar masuk dan cairan mukus yang diproduksi di dalam sinus tidak akan bisa dikeluarkan.

Apakah Sinusitis Itu?

Sinusitis adalah terjadinya peradangan pada rongga sinus. Sinusitis banyak dijumpai pada penderita hay fever yaitu penderita yang mengalami pilek menahun yang di sebabkan alergi debu dan sari bunga. Sinusitis juga bisa diakibatkan oleh bahan-bahan Kimia seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung dan bahan bahan kimia lainnya yang terhirup dan masuk melalui hidung. Infeksi virus atau bakteri juga dapat menyebabkan Sinusitis.

Apa Penyebab Sinusitis?

Sinus terjadi karena terdapat gangguan aliran udara ke rongga sinus serta terdapat gangguan pengeluaran cairan mukus. Demam, alergi ,flu dan bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada (ostia) sehingga membuat lubang drainase ini menjadi buntu dan dapat mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. Akibat lain dari buntunya saluran (ostia) ialah tumor. Drainase cairan mukus yang keluar dari rongga sinus dapat terhambat oleh kentalannya cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi di sebabkan pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel yang menghasilkan mukus mempunyai rambut (silia) yang selalu mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap Rokok adalah penyebab dari rusaknya rambut silia ini sehingga proses pengeluaran cairan mukus terganggu. Cairan mukus yang terkontaminasi di rongga sinus dalam waktu yang lama adalah tempat yang nyaman bagi berkembangnya bakteri, virus dan jamur.

Apa saja gejala sinusitis?

Gejala-gejala yang timbul jika terkena sinusitas:

- Pusing, kepala sakit, nyeri di sekitar wajah, dan demam. Hampir 25% dari penderita sinusitis akan mengalami demam pada gejala pertama. Gejala lainnya adalah perubahan warna pada ingus, wajah menjadi pucat, hidung tersumbat, nyeri pada saat menelan, dan batuk-batuk. Beberapa penderita akan merasakan sakit kepala yang hebat bila menundukan kepala ke depan. Pada sinusitis yang di sebabkan alergi maka penderita akan mengalami gejala lain yang berhubungan dengan alerginya seperti bersin bersin dan demam.

Bagaimana cara mengobati sinusitis?

- Pengobat yang diberikan untuk sinusitis virus adalah parasetamol dan dekongestan.
- Dan Sinusitis infeksi bakteri biasanya memakai obat amoxicillin, cefaclor, azithromycin, dan cotrimoxazole. Kalau tidak terdapat perbaikan dalam lima hari maka perlu dipertimbangkan untuk memberikan amoxicillin plus asam klavulanat. Pada penderita sinusitis kronis, dapat melakukan drainase cairan mukus dengan cara operasi pembedahan.

Demikianlah postingan kami tentang Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan Sinusitis yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang mempunyai masalah dengan Sinusitis. Jika informasi tentang Sinusitis ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk di 'Like' dan di 'Share' kepada teman atau kerabat Anda yang lain. Sehingga tulisan yang telah kami sajikan ini bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita yang lain. Silahkan tunggu informasi-informasi berikutnya dari kami, hanya di www.caraika.com. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan Sinusitis"

Posting Komentar