Diabetes dan Bahayanya

Diabetes dan Bahayanya - Pada tulisan kami yang lalu, kami telah berbagi mengenai penyebab dan gejala asma. Sedangkan pada kesempatan kali ini, kami akan share mengenai penyakit Diabetes serta bahayanya.

Gambar untuk Diabetes dan Bahayanya

Diabetes merupakan salah satu penyakit dimana tubuh kita tidak dapat meproduksi hormon insulin ( hormon pengatur gula darah ) atau hormon insulin tidak mencukupi dan tidak berkerja dengan baik yang mengakibatkan kadar gula akan meningkat. Diabetes dibagi menjadi 2 bagian diantaranya:

- Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 ini terjadi karena tubuh kita tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin, sehingga penderita hanya bisa melakukan suntikan insulin dan menjaga gaya hidup dan pola makanya agar kadar gula darahnya setabil. Sebagian besar penderitanya adalah remaja dan anak-anak.

- Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 ini terjadi karena resistensi insulin atau hormon insulin tidak dapat digunakan dengan baik oleh tubuh, bisa juga karena hormon insulin yang dihasilkan tubuh tidak mencukupi sehingga kadar gula darah menjadi meningkat. Tipe diabetes 2 ini merupakan yang banyak diderita saat ini yaitu sekitar 90%. Dan rata-rata penderitanya adalah mereka yang berusia 40 tahun keatas, orang berbadan gemuk dan orang yang mempunyai riwayat diabetes dikeluarganya.

Gejala - Gejala diabetes

- Rasa haus yang tak wajar dan minum air banyak.
- Rasa lapar yang tak wajar dan banyak makan.
- Berat badan menurun drastis.
- Pandangan Mata menjadi kabur.
-  Jika tubuh ada terluka maka luka tesebut lama sembuhnya.
- Mudah alergi pada kulit.
- Sering Nyeri dan kesemutan.
- Badan menjadi lemah, lesu dan mengantuk.

Seseorang yang di diagnosa diabetes jika hasil pemeriksaan menunjukan:

- Gula darah mencapai level 126 mg/dl dan Gula darah dalam pemeriksaan 2 jam setelah puasa (minimal 8 jam) mencapai level 180 mg/dl.
- Sedangkan Pemeriksaan sewaktu-waktu (random) di diagnosa terkena diabetes jika gula darah mencapai 140 mg/dl - 200 mg/dl ,jika hasil melebihi 200 mg/dl sudah di pastikan terkena diabetes.

Bahaya diabetes

Pentingnya mengontrol gula darah adalah mencegah terserangnya diabetes yang bisa membahayakan tubuh kita, dan dapat menyebabkan penyakit komplikasi berbahaya jangka panjang diantaranya ialah stroke, kebutaan, serangan jantung, gagal ginjal, penyakit pembuluh darah dan yang lebih berbahaya diabetes menyebabkan kerusakan syaraf yang dapat menyebabkan (amputasi) pada anggota tubuh, serta dapat menggangu ereksi pada pria.

Itulah postingan kami mengenai Diabetes dan Bahanya, semoga setelah Anda membaca tulisan ini, anda sudah lebih mengenal apa itu Diabetes serta bahanya yang mungkin bisa ditimbulkan dari penyakit Diabetes ini. Silahkan tunggu postingan-postingan kami berikutnya hanya di www.caraika.com. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diabetes dan Bahayanya"

Posting Komentar