Apa Saja Gejala Diabetes Mellitus

Gejala Diabetes Mellitus - Beberapa waktu yang lalu saya telah memperkenalkan Diabetes dan bahayanya serta sayuran yang harus dihindari penderita Diabetes. dari kedua tulisan itu sedikitnya kita telah mengenal apa itu Diabetes serta sayuran-sayuran yang harus dihindari bagi penderita Diabetes. Sedangkan pada kesempatan ini kita akan mencoba mengenali gejala Diabetes Mellitus, sehingga dengan mengenali gejalanya bisa melakukan pencegahan lebih dini.

Gambar Gejala Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus atau di sebut juga kencing manis ditandai dengan peningkatan kadar glukosa atau gula dalam darah. Diabetes merupakan penyakit yang sangat umum di antara banyak orang di seluruh dunia. Proses metabolisme dimulai dan pankreas mulai mensekresi hormon yang disebut insulin yang memecah glukosa, menyebabkan glukosa untuk memasuki sel-sel tubuh. Seluruh proses energi tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Ketika pankreas memproduksi insulin dalam jumlah memadai, ketidakseimbangan glukosa terjadi dalam darah, yang sering menimbulkan kelebihan glukosa. Hal ini menyebabkan diabetes tipe 1. Tipe ini dapat dikelola dengan menyuntikkan insulin dari luar. Dalam keadaan tertentu, sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Dan dapat merusak metabolisme dan pengumpulan glukosa dalam darah ini yang di sebut diabetes tipe 2.

Bentuk lain dari diabetes termasuk diabetes gestasional atau diabetes pada wanita selama kehamilan, diabetes bawaan disebabkan karena cacat genetik yang menyebabkan fungsi pankreas yang lemah, diabetes steroid disebabkan oleh overdosis glukokortikoid atau obat-obatan steroid, diabetes monogenik dan cystic fibrosis diabetes terkait.

Tanda-tanda diabetes secara umum:

1. (Poliuria) atau sering buang air kecil

Ketika kadar gula darah meningkat, tubuh mendesak untuk mengusir atau menyingkirkan kelebihan gula melalui buang air kecil. Hal ini menyebabkan sering buang air kecil disertai zat gula berlebihan melalui urin. Gejala ini dapat menyebabkan dehidrasi karena banyak air yang hilang dari tubuh akibat sering buang air kecil.

2. (Polyphegia) atau kelaparan meningkat

Hormon insulin juga merupakan hormon penyebab rasa lapar. Ini merangsang nafsu makan kita. Ketika kadar glukosa meningkat dalam darah, tubuh mencoba untuk menyeimbangkan atau mengatasinya dengan memproduksi lebih banyak insulin. Ini lah yang memicu rasa lapar penderita diabetes.

3. (Polidipsia) atau haus meningkat

Ketika kadar glukosa dalam darah meninggi, otak mendapatkan sinyal untuk mencairkan dan mengeluarkan melalui urine. Hal ini meningkatkan permintaan untuk asupan air. Dengan kata lain, orang diabetes merasa sering haus.

4. Cepat Lelah

Dalam kasus diabetes, sel-sel tubuh gagal untuk memetabolisme glukosa dengan baik. Akibatnya, efek kalori dimulai, dan lemak tubuh dipecah untuk memasok energi untuk tubuh. Metabolisme lemak tubuh mengkonsumsi lebih banyak energi daripada memproduksi, dan ini menyebabkan kelelahan intens.

5. Berat badan turun

Hilangnya banyak air dalam tubuh atau poliuria, metabolisme lemak tubuh, protein dan glukosuria sering menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba dan luar biasa pada orang diabetes.

6. Pandangan Kabur

Pada pasien diabetes, cairan tubuh sering diekstrak dari jaringan yang juga mungkin termasuk lensa mata. Dengan cara ini lensa yang diberikan tidak mampu fokus, sehingga pandangan kabur.

7. Cepat Marah

Diabetes ditandai dengan pasokan glukosa yang tidak memadai ke otak dan organ lainnya, Membuat pasien merasa lelah dan mudah marah.

8. Penyembuhan luka lama

Glukosa tinggi dalam darah mengurangi produksi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan memperlambat proses penyembuhan luka.

9. Infeksi

Seorang pasien diabetes dengan mudah terkena infeksi saluran kemih atau infeksi bakteri atau jamur pada kulit. Hal ini terjadi terutama karena sistem kekebalan tubuh yang lemah atau penekanan di sistem kekebalan.

Demikianlah beberapa Gejala Diabetes Mellitus yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dalam mengenali gejala-gejala Diabetes Mellitus. Jika informasi Gejala Diabetes Mellitus ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk di 'Like' dan di 'Share' kepada teman atau kerabat Anda yang lain. Sehingga tulisan yang telah kami sajikan ini bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita yang lain. Silahkan tunggu informasi-informasi berikutnya dari kami, hanya di www.caraika.com. Selamat mencoba. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Gejala Diabetes Mellitus"

Posting Komentar